Polres Sikka Gelar Press Release Terkait Viralnya Berita Tentang 11 Unit Motor Yang Diduga Hilang

Polres Sikka Gelar Press Release Terkait Viralnya Berita Tentang 11 Unit Motor Yang Diduga Hilang

Tribratanewssikka.com, Maumere – Polres Sikka pagi ini, Jumat (20/1/2023) menggelar press conference terkait pemberitaan yang viral mengenai 11 unit motor yang digunakan oleh anggota Polres Sikka.

Memimpin pelaksanaan press conference tersebut Wakapolres Kompol Ruliyanto J. P. Pahroen, S.Sos., S.I.K., didampingi Kasipropam Iptu Mikael D. Donis, Kasihumas AKP Margono, S.E., Kasat Intel Iptu Suparjo dan KBO Sat Lantas Ipda Efraim Emanuel.

Wakapolres menjelaskan kembali kronologi awal penahanan kendaraan bermotor roda dua tersebut.

“Pada bulan Januari tahun 2021, Sat Lantas Polres Sikka memberhentikan sebuah kendaraan mobil ekspedisi dengan muatan yang berlebihan, dan kemudian dilakukan pengecekan, dan ternyata di dalam mobil tersebut termuat 20 unit kendaraan roda dua yang ditutupi (dengan barang-barang lain untuk mengkamuflase bahwa kendaraan mobil tersebut tidak memuat kendaraan bermotor roda dua tersebut” jelas Wakapolres pada pembukaan press conference.

“Menurut yang mengendarai mobil ekspedisi tersebut, yang bersangkutan tidak mengetahui apa isi muatan dari mobil tersebut, dan ia hanya diperintahkan untuk mengemudi kendaraan, karena yang bersangkutan sedang membutuhkan pekerjaan, sehingga ia bersedia untuk membawa kendaraan tersebut,” jelas Wakapolres.

Wakapolres menambahkan dari total 20 unit kendaraan tersebut, ada 4 (empat) kendaraan yang dilengkapi dengan dokumen sehingga langsung dikembalikan, dan 16 unit lainnya tidak bisa ditunjukan dokumen kendaraannya, sehingga dilakukan penahanan oleh Satuan Lalu Lintas.

“Berjalan waktu, ada beberapa masyarakat yang datang dan mengklaim 5 kendaraan yang ada, dengan membawa dokumen serta administrasi kendaraan tersebut, sehingga dikembalikan oleh petugas, dan kini tinggal 11 unit kendaraan yang tersisa,”.

Dikarenakan Polres Sikka kekurangan tempat penyimpanan, dan tempatnya tidak proper, sehingga kendaraan-kendaraan yang semula disimpan di Lapangan Tennis Polres Sikka dipindahkan ke Polsek Kewapante.

“Dan untuk kendaraan tersebut, ada personil yang melakukan pinjam pakai kendaraan tersebut untuk melaksanakan kegiatan operasional kedinasan, dengan kelengkapan administrasi pinjam pakai, namun karena kurangnya kontrol, pada saat proses pemindahan, beberapa kendaraan dipinjam pakai tanpa diketahui atasannya, namun 11 kendaraan tersebut, saat ini sudah dikumpulkan di Polres Sikka, dan untuk kedepannya akan kita pastikan, akan kita cek dan registrasi ulang, dan kita informasikan kepada masyarakat apabila ada yang merasa memiliki kendaraan tersebut,  silahkan datang ke Polres Sikka untuk mengambil kendaraannya namun dilengkapi dengan surat-suratnya,” jelas Wakapolres.

“Untuk personil yang menggunakan kendaraan secara tidak prosedural akan kita periksa dan kita proses, dan akan kita cek kembali,” tambahnya.