Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah-2021, Bupati Sikka Bacakan Amanat Kapolri

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah-2021, Bupati Sikka Bacakan Amanat Kapolri
Penyematan Pita Operasi Oleh Bupati Sikka
Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah-2021, Bupati Sikka Bacakan Amanat Kapolri

Tribratanewssikka.com, Maumere – Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si., memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Ranakah-2021 dalam rangka kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Apel gelar pasukan dilaksanakan di Lapangan Hitam Polres Sikka yang diawali dengan pemeriksaan Pasukan Oleh Bupati Sikka selaku Inspektur Apel dan dilanjutkan dengan penyematan pita operasi sebagai tanda dimulainya Operasi Ketupat Ranakah-2021 kepada perwakilan penyematan pita dari TNI-Polri dan instansi terkait.

Dalam apel gelar tersebut, Bupati Sikka membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. yang mengatakan bahwa apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, baik aspel personil, maupun sarana dan prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya.

“Operasi Ketupat akan dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakkan hukum dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman, serta terhindar dari bahaya Covid-19,” katanya.

Sasaran pengamanan dalam pelaksanaan operasi ini adalah orang maupun aktivitas masyarakat menjelang dan pada hari raya Idul Fitri serta pelarangan mudik lebaran.

Untuk diketahui, Operasi ini akan berlangsung selama 12 hari yakni dari tanggal 6 Mei 2021 hingga tanggal 17 Mei 2021, dan dalam mendukung pelaksanaannya, Polres Sikka telah mendirikan 3 (tiga) pos antara lain, Pos Pengamanan (Pos Pam) Taman Kota/Monumen Tsunami, Pos Pelayanan (Pos Yan) Bandara Frans Seda Maumere dan Pos Terpadu Pelabuhan Lorens Say Maumere. (k)