Kapolda NTT Kukuhkan Satuan Polisi Perairan dan Udara Polres Sikka

Kapolda NTT Kukuhkan Satuan Polisi Perairan dan Udara Polres Sikka
Kapolda NTT Kukuhkan Satuan Polisi Perairan dan Udara Polres Sikka

Tribratanewssikka.com-Maumere - Kepala Kepolisian Daerah  Tenggara Timur (Kapolda NTT), Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M. Hum secara resmi mengukuhkan Satuan Polisi Perairan dan Udara Polres Sikka, Selasa (15/11/2022). 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pejabat Utama Polda NTT, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo Idong, Ketua DPRD Kab.Sikka Donatus David , Kapolres Sikka AKBP Nelson Filipe Dias Quintas. S.I.K, Danlanal Maumere, Yang mewakili Dandim 1603, Kepala Dinas Instansi, para tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Dalam sambutannya Kapolda NTT menyampaikan pembentukan Satuan Polisi Perairan di Kab.Sikka merupakan satu keputusan yang sangat strategis dari Kapolri untuk membangun Polri, yang siap melayani masyarakat di mana saja, baik itu di daratan maupun lautan, khususnya Kabupaten Sikka yang menjadi salah satu pintu keluar masuk kegiatan ekonomi dari Pulau Jawa maupun dari Makasar

Kehadiran Satpolair tentu akan memberikan kontribusi yang besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kabupen Sikka khususnya di wilayah perairan termasuk untuk memberikan perlindungan pencarian dan pertolongan ketika masyarakat ditimpa musibah

“Salah satu contoh, ketika Kapal Motor Cantika mengalami kebakaran, dalam waktu singkat Polda NTT melalui Direktorat polairud menggerakkan tiga kapal ke TKP untuk berkolaborasi dengan Basarnas, TNI Angkatan Laut dan masyarakat, sehingga berhasil mengevakuasi penumpang yang tenggelam meskipun dari 300-an lebih penumpang 20 diantaranya meninggal, Namun ini semua karena kecepatan bergerak kemudian Satuan komando dilapangan semuanya bersatu padu dan dalam tim masyarakat yang membutuhkan pertolongan dapat diselamatkan,” Terangnya.

Di sinilah, lanjut Kapolda NTT pentingnya membentuk satuan Polair, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya di wilayah perairan, nelayan maupun masyarakat yang menggunakan angkutan perairan. Tentu perlu juga didukung dengan  sarana prasarana yang baik sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik.

“Pada kesempatan ini juga saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya Kepada Bupati Sikka beserta jajaran, unsur Forkompinda, tokoh agama, tokoh masyarakat, atas dukungan dan kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini, tentunya kami berharap sinergitas yang telah terjalin terus kita lanjutkan dan tingkatkan, karena tanpa kerja sama tidak mungkin dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” Tutupnya.

Sementara itu Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo Idong dalam sambutannya mengatakan kehadiran Polair di Sikka sangat strategis. Hal ini sejalan dengan perairan laut Flores yang menjadi tempat migrasi ikan-ikan dari lautan Pasifik, sehingga daerah dalam hal ini Kabupaten Sikka sangat membutuhkan untuk menjamin keselamatan para nelayan dan menjaga biaota laut dari tangan tangan jail penangkapan ikan dengan bahan peledak, di wilayah Laut Kabupaten Sikka.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka kami menyampaikan penghargaan sebesar-besarnya dan Trimaksih kepada bapak Kapolda NTT yang telah mengukuhkan Satpolairud di Polres Sikka

“Mari kita sama-sama bersinergi kita memastikan bahwa Kamtibmas di wilayah Kabupaten Sikka sangat aman dan kondusif ,” Tutupnya.